Header Ads

Tuesday, December 15, 2020

Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Domba

Ternak Domba Lo - Selamat datang kembali di artikel saya lur, hari ini saya ingin membahas cara membuat pakan Fermentasi untuk domba ya lur. Jadi jika selama ini kalian yang ingin mencoba membuat pakan Fermentasi namun belum paham gimana caranya. Maka kalian bisa coba untuk simak artikel yang saya berikan nantinya ya lur. Agar kalian lebih cepat paham dan bisa langsung membuat pakan fermentasi ini langsung saja yuk simak artikel sebagai berikut :


Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Domba


Banyak para peternak sekarang tidak hanya memberikan domba pakan rumput saja ya lur, karna banyak para peternak memberikan domba pakan fermentasi.  Hanya saja kembali kepada para peternak jika memiliki kerajinan dan jika sulit mencari rumput biasa pakan fermentasi domba ini akan ada ya lur. Nah jadi jika kalian masih belum paham dengan cara pembuatan pakan fermentasi nanti saya akan jelaskan bahan dan cara buatnya lur.


Untuk Berternak Domba tidak hanya memberikan makan rumput saja. Namun kalian bisa memberikan makanan hasil dari buatan kita sendiri atau biasa sebutannya sebagai pakan fermentasi. Untuk pakan fermentasi ini selain mudahuntuk proses  pembuatan jenis makanan ini juga sehat untuk konsumsi oleh domba. Jadi kalian tidak perlu risau lagi ketika rumput susah di cari atau ketika musin kemarau. Dan kalian juga bisa mencoba membuat Fermentasi makanan untuk domba. Kalian ingin tau langsung saja kita bahas artikel di bawah ini.


Kegunaan dan manfaaat dari fermentasi pakan domba :


  1. Memperbaiki sistem pencernaan Domba.
  2. Meningkatkan Produksi susu Domba.
  3. Bobot ternak meningkat secara alami ,gemuk ,dan sehat.
  4. Meningkatkan nafsu makan Domba.
  5. Daging Domba lebih berisi serta rendah kolesterol.
  6. Domba ternak lebih kebal dan tahan terhadap penyakit.
  7. Kotoran Domba tidak bau sehingga tidak dapat mencemari lingkungan sekitar.
  8. Kotoran dan Urine Domba lebih sedikit dan bisa digunakan sebagai pupuk kandang atau biogas alami.


Bahan-bahan yang di butuhkan :

  1. Debok pisang
  2. Ampas tahu
  3. Dedak/Kulit Kedele
  4. Garam
  5. Vitamin


Cara Membuatnya :


  1. Langkah pertama kalian bisa mencincang debok pisang tersebut sampai hampir halus.
  2. Langkah kedua, ambil ampas tahu dedak atau kulit kedelai jika ada dua-dua lebih bagus. Lalu aduk hingga rata.
  3. Langkah ketiga, setelah itu masukan cincangan debok pisang tadinya ke dalam adukan ampas tahu dengan dedak tadinya.
  4. Langkah keempat, jika sudah maka kalian bisa menaburkan garam ke dalam adonan tadinya dan aduk sampai rata. Kalian bisa mencicipi sedikit apakah asinnya sudah cukup atau belum. Jika sudah maka kalian bisa masukan vitamin sesuai dengan takaran yang seharusnya.
  5. Jika sudah maka kalian bisa biarkan pakan fermentasi tadi di simpan selama 3 hari.

Bagaimana apakah sangat mudah untuk di lakukan? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja coba. Dan kalian bisa membuat dengan takaran dan kebutuhan yang kalian inginkan ya lur. Jangan lupa untuk simak artikel kami yang membahas mengenai Cara Ternak Domba Mudah 3 Bulan Panen ya lur.


Mungkin sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel Ternak Domba Lo kami yang berjudul Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Domba. Sampai jumpa kembali di artikel yang selanjutnya dengan solusi yang berbeda pastinya. Atas waktu kalian untuk membaca artikel ini kami ucapkan Terima Kasih. 

No comments:

Post a Comment